Minggu, 15 Februari 2015

Bencana tidak bisa kita prediksi kapan datangnya. Bencana bisa datang ketika kita sedang tidur atau ketika kita sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Negara kita Indonesia seringkali mengalami bencana alam yang tidak diprediksi kapan datangnya. Salah satunya adalah tanah longsor. Tanah longsor adalah peristiwa dimana longsornya tanah dari daerah yang lebih tinggi ke daerah yang lebih rendah. Tidak semua tempat bisa terjadi tanah longsor. Tanah longsor juga tidak selalu terjadi di tanah yang miring dan berlereng. Tanah longsor juga mungkin terjadi di wilayah dataran yang rata. Mengatasi tanah longsor memang agak sulit. Tetapi ada beberapa upaya yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah cara mengatasi tanah longsor.

Cara mengatasi tanah longsor dengan tetap menjaga kelestarian hutan

Ada beberapa cara mengatasi tanah longsor atau cara mencegah bencana ini datang di daerah anda. Karena tidak semua wilayah memiliki kemungkinan untuk mengalami tanah longsor, maka pencegahan yang dilakukan pun bervariasi. Tergantung dari jenis tanah dan kemiringan tanah. Yang bisa anda lakukan pertama adalah dengan menjaga kelestarian hutan. Hal ini penting. Tanah longsor sering sekali terjadi di daerah yang hutannya gundul. Oleh karena itu mulai sekarang jangan menebang pohon secara sembarangan. Mulailah merawat hutan dan menanami kembali wilayah hutan yang gundul dengan pohon yang berakar panjang. Selain itu, pembuatan teras sering untuk pertanian juga bisa dilakukan sebagai upaya mencegah tanah longsor.

Kesulitan cara mengatasi tanah longsor

Memang agak susah mencari cara mengatasi tanah longsor. Karena mencegah lebih mudah dari pada mengatasi. Kalau anda ingin terhindar dari bencana yang satu ini, sebaiknya anda tidak tinggal di wilayah yang terdiri dari jenis tanah dan kontur tanahnya dapat mengundang tanah longsor. Hal ini memang sulit karena tanah semakin hari semakin sempit. Belum lagi harga tanah yang selalu naik setiap waktunya. Padahal kebutuhan akan tempat tinggal begitu besar. Sehingga tidak salah kalau beberapa orang nekat membangun tempat tinggal di wilayah yang rawan longsor. Jangan kaget kalau ketika terjadi bencana tanah longsor ada banyak sekali korban yang ditemukan. Terkadang, pemukiman padat yang dibangun di sebuah daerah juga dapat menyebabkan longsor. Apalagi kalau daerah tersebut dekat dengan air.

Yang harus dilakukan ketika terjadi tanah longsor

Meskipun sulit untuk mencari cara mengatasi tanah longsor, sebenarnya ada beberapa cara mengatasi keadaan setelah terjadinya longsor. Yang pertama, pastinya segera pergi dari lokasi kejadian untuk menghindari terjadinya longsor susulan. Setelah itu kalau mampu dan bisa, segera hubungi pihak yang berwajib dan berwenang untuk membantu, seperti tim SAR. Anda harus tetap tenang ketika sedang dalam kondisi ini, kalau memungkinkan bantulah korban lainnya yang terkena longsor. Periksa lukanya dan lakukan pertolongan pertama agar lukanya tidak bertambah parah. Kalau anda sendiri mengalami luka-luka, tetap tenang dan coba berikan pertolongan pertama pada luka anda.
Cara mengatasi tanah longsor dan keadaan setelahnya yang selanjutnya adalah jangan lupa untuk waspada terhadap banjir dan aliran reruntuhan yang biasanya terjadi setelah tanah longsor terjadi. Kalau keadaan sudah aman, anda bisa memeriksa keadaan tempat tinggal anda yang terkena longsor.

0 komentar:

Posting Komentar